Buku Tamu

Cursor

rss

Sunday, December 9, 2012

Profile SEAMOLEC, SMK Negeri 1 Ciamis, Politeknik TEDC Bandung oleh Rian Fauzi

Profil Seamolec

(SEAMOLEC) adalah salah satu Pusat di bawah naungan Menteri Pendidikan Asia Tenggara Organization (SEAMEO) berurusan dengan penelitian dan pengembangan, pelatihan, informasi dan pertukaran teknologi, berbagi keahlian dan sumber daya di dalam dan di luar daerah di bidang terbuka dan jarak learning (ODL).


Pusat ini didirikan pada tanggal 27 Februari 1997 dan berlokasi di Jakarta Selatan, Indonesia.

Selama lebih dari satu dekade, SEAMOLEC telah membantu Negara-negara Anggota SEAMEO untuk mencari solusi alternatif untuk meningkatkan kualitas masyarakat melalui pembelajaran terbuka dan jarak jauh (ODL).

Dengan pelaksanaan yang efektif dari ODL, SEAMOLEC yakin ini akan membuka peluang dan akses ke pendidikan berkualitas bagi semua orang di wilayah tersebut.



PROGRAM

Pelatihan / Lokakarya Sistem ODL, ICT, modulus, Menulis, dll (training.seamolec.org)
Penelitian dan Pengembangan pada ODL.
Berbagi Informasi pada ODL (Asia Tenggara Journal, Monografi, Website, Seminar, dll).
Jasa Konsultasi Pengembangan Kapasitas ODL
Asia Tenggara Jaringan Pendidikan / SEAEduNet (seaedunet.seamolec.org)
JENI (Java Education Network Indonesia) ASEAN Research Center (jeni.seamolec.org)
Distance Learning Program Gelar Magister Media Digital dan Teknologi Permainan
Keterlibatan Masyarakat Program
Kemitraan Indonesia dan Asia Tenggara Sekolah
E-Learning (learn.seamolec.org)
SEAMLESS pendidikan (program pendidikan tinggi bagi semua (Hefa) (http://pevobe.net))
SEAMOLEC Multistudio

SEAMOLEC PEDULI→ Kolaborasi→ Akuntabilitas→ tanggap dan Relevansi→ Efektivitas dan Efisiensi→ Synergy

Visi: pusat keahlian dalam pembelajaran terbuka dan jarakMisi: Untuk membantu Negara Anggota SEAMEO dalam mengidentifikasi masalah pendidikan dan menemukan solusi alternatif untuk pengembangan sumber daya manusia yang berkelanjutan melalui penggunaan diseminasi dan efektif pembelajaran jarak jauh terbuka.Pelatihan


Berbasis web Courseware Pembangunan menggunakan LMS (Moodle)ODL Capacity BuildingBelajar mandiri Bahan Pembangunan (SLMD)Mengembangkan materi pembelajaran mobile dan mobile game (JENI)Mengembangkan materi pembelajaran dalam format video streaming menggunakan SEAMOLEC multi Studio (SMS)Mengembangkan tes untuk belajar mandiriICT-Based pembelajaran bagi Guru / Mengintegrasikan IT ke KelasIT Networking melalui Sistem SEAEduNetPenelitian & PengembanganSEAMOLEC berpengalaman dalam melakukan penelitian dasar dan terapan. Kami adalah penelitian khusus dan pengembangan di bidang ODL.Informasi & Pengembangan TeknologiSEAEduNetSouth East Asia Education Network (SEAEduNet) adalah jaringan yang menghubungkan antara lembaga pendidikan di Asia Tenggara serta jaringan menyediakan repositori bahan pembelajaran bagi warga SEA untuk berbagi pengetahuan, ide dan praktik terbaik yang telah diperkaya dengan ide-ide dan program antara SEAMEO negara-negara anggota.SEADLE (SEAMOLEC MOODLE)SEADLE adalah bahan ajar elektronik berdasarkan aplikasi PORTABLE Moodle (Poodle) untuk berguna dari proses belajar mengajar.SEA CyberclassSEA Cyberclass adalah sistem evaluasi semi-online dan massa untuk prepring siswa SMA untuk menghadapi ujian nasional akhir. Untuk informasi lebih lanjut silahkan log on ke http://www.seacyberclass.org


SEAMOLEC multi Studio (SMS)SMS merupakan pengembangan bahan pembelajaran menggunakan teknologi multimedia dan bahan dalam format video streaming.Sekolah KemitraanSekolah kemitraan adalah program untuk membangun kerjasama antara sekolah di Indonesia dan negara-negara Asia Tenggara, dan negara-negara lainnya SEAMEO anggota asosiasi.SEAMLESS Program PendidikanPendidikan SEAMLESS adalah program SEAMOLEC yang dirancang untuk memperpanjang satu tahun saja untuk sekolah menengah kejuruan dan SMA sekolah lulusan di sisi mereka sendiri untuk menjadi setara dengan Diploma-1 atau satu tahun saja universitas.


JARC (JENI Asean Research Center)JARC adalah layanan terpadu bagi siswa dan masyarakat di semua negara ASEAN, untuk belajar, berbagi, mengembangkan dan memproduksi aplikasi berbasis Java Mobile, terutama Handphone Permainan Based Learning.Struktur Organisasi

          
Fasilitas kamiBangunanPerpustakaanKomputer LaboratoriumVideo konferensi peralatanMini Studio3 ruang kelasRuang pertemuanTerima kasih









Profil SMK Negeri 1 Ciamis

A. Identitas Sekolah
SMK Negeri 1 Ciamis mempunyai izin pendirian sekolah tersurat, pada Nomor 326/B3/KEJ dan berdiri sejak bulan Agustus Tahun 1964. Posisi sekolah berada di Jln. Jend. Sudirman No. 269 Telp./Fax. (0265) 771204 – 776955 Desa/Kelurahan : Sindangrasa, Kecamatan Ciamis, Kab./Kota : Ciamis, Email: smkn1cms@indo.net.id, Website : www.smkn1-cms.sch.id. NSS/NDS : 341021401001.

B. Visi
“Terwujudnya SMK Bertaraf Internasional Pada Tahun 2010”.

C. Misi
1. Bersikap profesional dalam melakukan segala tindakan dan perbuatan pada keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.
2. Membangun kemitraan yang kokoh dengan pemerintahan daerah, masyarakat, institusi pasangan dan dunia usaha industri.
3. Melakukan inovasi dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.
4. Memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan kepada seluruh warga sekolah agar mampu bersaing dalam era global.
5. Memberikan pelayanan yang prima berdasar pada standar mutu ISO 9001:2000.

D. Tujuan
Menghasilkan tamatan yang mempunyai pengetahuan, keterampilan dan berbudaya serta mampu bersaing dalam era global.

E. Sasaran
1. Internal : Warga SMK Negeri 1 Ciamis, Siswa, Guru dan Tenag Administrasi
2. Eksternal : Orang tua/wali siswa, Dunia Usaha/Industri, Pemerintah Daerah dan Instansi Terkait.

F. Sasaran Mutu
SMK Negeri 1 Ciamis, secara konsisten dan kontinyu bertekad melaksanakan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2000 untuk mencapai SMK bermutu tinggi denga berorientasi pada profil Sekolah Bertaraf Internasional yang menjungjung tinggi kejujuran, kreatif, inovatif dan produktif.

Setiap Sumber Daya Manusia SMK Negeri 1 Ciamis harus bertanggung jawab serta berperan aktif dalam meningkatkan mutu hasil diklat, yang berorientasi pada kepuasan pelanggan secara berkesinambungan.

Dalam segala aktivitasnya, SMK Negeri 1 Ciamis menerapkan Budaya Mutu sebagai berikut :

Sikap profesional
Mandiri
Kompeten
Nilai religius dan berbudaya
1 YAKIN BISA !

G. Jumlah Program Studi/Program Keahlian
1. Multimedia
2. Akuntansi
3. Administrasi Perkantoran
4. Perdagangan/Penjualan
5. Akomodasi Perhotelan
6. Restoran

H. Sejarah
SMK Negeri 1 Ciamis semula bernama SMEA Negeri Ciamis yang berlokasi di Jl. Ir. H. Juanda No. 304/35 Ciamis, terdiri dari 13 ruang yang berdiri di atas tanah seluas 0,279 Ha yang dahulunya digunakan untuk Sekolah Dasar Sikuraja.

Tanah tersebut diperoleh dari Bupati Daswati II Ciamis melalui Surat Penyerahan Nomor: 6453/B.VI/Pem-69 Tanggal: 29 Desember 1969, sedangkan bangunan diperoleh dari Pemda Daswati II Ciamis dan sebagian lagi dari Proyek Depdikbud sebanyak 3 (tiga) ruang.

Pada tanggal 20 Agustus 1960 berdiri SMEA persiapan dengan status swasta yang izinnya dari Pemerintah Daswati II Ciamis.

Untuk memenuhi kehendak masyarakat dan minat para pelajar yang hendak melanjutkan pendidikannya ke Sekolah Kejuruan bagian Pendidikan Ekonomi, perlu dibuka SMEA Negeri Ciamis.

Berdasarkan Usulan Kepala Inspektorat Pendidikan Ekonomi No. 213-II-4604 tanggal 30 Juli 1964, maka di Ciamis resmi berdiri SMEA Negeri, dengan S.K. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 326/B.3/Kedj tanggal 10 Agustus 1964.

Sesuai tuntutan akan peningkatan kualitas pendidikan, pada tahun 1989 SMEA Negeri Ciamis mendapatkan bantuan pembangunan melalui Dana Loan ADB Voced II dengan lokasi pembangunan di Jl. Jend. Sudirman 269 Kelurahan Sindangrasa Kecamatan Ciamis.

Pada tanggal 16 Juni 1992 SMEA Negeri Ciamis menempati gedung baru yang beralamat di Jl. Jenderal Sudirman 269 Tel./Fax. (0265) 771204 Ciamis 46215.
Untuk lokasi lama pemanfaatannya diserahkan kepada Kepala Kandep Dikbud Kabupaten Ciamis.

I. Sarana Prasarana
- Jalan Depan
Bagian ini adalah jalan propinsi yang ada di depan Kampus SMK Negeri 1 Ciamis. Semua kendaraan dari Tasikmalaya ke Banjar atau sebaliknya, melalui jalan ini. Walaupun suara bising kendaraan merupakan ganggung, tapi dengan jalan ini guru, karyawan dan siswa dapat dengan mudah mencapai kampus karena semua kendaraan dari segala arah melalui jalan ini.Dari jalan ini pula, kita dapat memandang bagian depan kampus SMK Negeri 1 Ciamis. Di samping kanan kampus, sebelah Barat, adalah Polres Ciamis. Hal sangat menguntungan, karena dari segi keamanan kampus, relatif terjamin.

- Halaman Depan
Setelah melewati pintu gerbang kini kita memasuki halaman depan kampus yang sekaligus merupakan tempat parkir kendaraan. Luas area ini kurang lebih 212 meter persegi.
Untuk kenyamanan parkir dan pejalan kami yang akan memasuki kampus, halaman depan ini dibuat beraspal.

- Bisnis Center Citra Niaga
Bangunan Bisnis Center yang menempati area seluar 1.135 m2 ini diresmikan penggunaannya oleh Direktur Dikmenjur, Bapak Prof. Dr. Gatot Priowirjanto pada tanggal 15 April 2000.
Gedung berlantai 2 yang menelan biaya lebih dari Rp 300 juta ini dananya diperoleh dari proyek Peningkatan Sekolah Menengah Kejuruan Propinsi Jawa Barat dengan anggaran sebesar Rp 371 juta.
Pengadaan tanah sebesar Rp 70 juta diperoleh dari dana BP3. Demikian pula untuk pembangunan lantai bawah yang mencapai 35% pengerjaan juga diperoleh dari BP3

yang menghabiskan dana sebesar Rp 87 juta.
Bangunan yang tepat di kanan depan kampus ini dipergunakan untuk Toko Profita, Warung Pos, dan Warnet yang menempati lantai bawah. Sementara lantai atas dipergunakan untuk Bank Mahesa, Ruang Koperasi Siswa dan Ruang Praktek Penjualan.

- Masjid
Dibangun dengan dana swadaya warga SMK Negeri 1 Ciamis serta sumbangan para donatur. Sarana ibadah dengan luas lantai 86 m2 dan dilengkapi tempat wudlu ini dapat menampung lebih kurang 200 jamaah.
Acara rutin di Mesjid Al-Furqon antara lain shalat Dzuhur berjamaah setiap hari, shalat Jum'at dan pengajian siswa setiap Jum'at. Kegiatan berkala lainnya adalah lomba keagamaan seperti Lomba Baca Al_Qur'an, Cerdas Cermat Al-Qur'an, Hifdil Qur'an dan Kaligrafi yang dilaksanakan dalam rangka kegiatan Porseni. Penerimaan zakat fitrah setiap menjelang Idul Fitri juga biasa dilakukan di sini.
Dengan pengelolaan yang berkelanjutan dari Ikatan Remaja Mesjid Al-Furqon (IRMA) menjadikan fasilitas penunjang ini siap dipergunakan untuk kegiatan keagamaan kapan saja.

- Aula
Ini adalah bangunan penunjang yang dipakai sebagai Ruang Aula dengan luas 240 m2. Aula bisa dikatakan sebagai ruang serbaguna. Kegiatan peringatan-peringatan keagamaan seperti Maulid Nabi, Isra Mi'raj. Demikian pula kegiatan perpisahan.
Selain itu ruang Aula ini biasa dipergunakan untuk kegiatan Rapat Dinas, baik intern maupun dari instansi lain, penataran-penataran dan pertunjukan kesenian.
Sebagai salah satu Sub Unit Produksi, aula juga disewakan kepada instansi di bawah payung Sub UP Prroduksi
Diantaranya penyewaan kursi.
Pada sisi barat Ruang Aula terdapat pintu belakang dan jalan untuk akses ke tempat parkir belakang. Di kanan dan kiri jalan dibuat taman-taman untuk mempercantik wajah kampus.
Fasilitas aula antara lain:Kipas Angin Gantung, Kursi Lipat, Kursi Lipat Kuliah, Meja Mimbar, Sound System.
Dipisahkan oleh selasar, sebelah selatan Ruang Aula, bersatu dengan ruang Teori 4 terdapat ruangan kecil untuk Ruang OSIS.
- Ruang Media Pendidikan dan Perpustakaan
Bangunan dengan dua lantai ini terletak di tengah-tengah kampus SMK Negeri 1 Ciamis. Lantai bawah dengan luas 86 m2 dipergunakan sebagai Lab. Media Pendidikan. Fasilitas yang ada pada ruangan ini antara lain:
Direct Presenter - Slide Projector - Slide Recorder - Overhead Projector (OHP) - Screen - Pesawat TV 29" - Video Cassette Recorder - Komputer Multimedia untuk penayangan modul pelajaran audio visual melalui teve - AC Window. Di samping sebelah timur Lab. Media Pendidikan adalah Ruang UF SIM SMK Negeri 1 Ciamis. Di ruang inilah semua data/informasi dihimpun dan diolah oleh pengelola UF SIM. Termasuk desain web.Sedangkan lantai atasnya dipergunakan untuk Perpustakaan. Lebih dari 30.000 eksemplar buku paket dan non paket terdapat dalam ruang seluas 120 m2 ini. Ruang baca dan meja diskusi disediakan bagi siswa untuk menambah pengetahuan dengan membaca, menyelesaikan tugas atau studi literatur.Disamping Bangunan untuk Ruang Media/Perpustakaan akan Anda jumpai taman-taman kecil.




- Ruang Teori I
Letaknya berdampingan dengan Mesjid Al-Furqon dan memiliki dua lantai. Masing- masing lantai memiliki 3 ruang kelas. Tiap ruang memiliki luas 72 m2 dengan selasar 18 m2. Keenam ruang kelas pada Ruang Teori 1 ini dipergunakan untuk kegiatan proses belajar mengajar sebelah selatan lantai bawah, terdapat taman kecil yang selain berfungsi untuk paru-paru kampus juga dapat menyejukkan pandangan kita.

- Ruang Teori II
Bangunan untuk Ruang Teori 2 terletak di sebelah selatan Ruang Teori 1 dengan luas yang sama. Selasar yang terdapat di antara keduanya menghubungan kedua bangunan ini di lantai 2. Organisasi Pecinta Alam (Gematala) memiliki markas pada ruangan yang berada pada selasar penghubung ini. Sedangkan pada bagian bawahnya dapat kita jumpai toilet untuk siswa.
Seperti Ruang Teori 1, sebelah selatan bangunan untuk Ruang Teori 2 ini juga terdapat taman kecil yang selalu dijaga kebersihannya baik oleh siswa maupun petugas kebersihan sekolah.
- Ruang Teori III
Seperti bangunan untuk Ruang Teori 1 dan 2, bangunan untuk Ruang Teori 3 juga memiliki luas lantai dan selasar yang sama, baik lantai bawah maupun atas.





- Ruang Teori IV
Ruang Teori IV ini berada tepat diatas Lab. Bahasa, Lab. Akuntansi, Lab. KKPI, yang memiliki 4 ruangan Teori yang dilengkapi dengan fasilitas AC, TV 29’, Infokus.




- Ruang Teori V
Ruang Teori 4 hanya memiliki satu lantai yang masing-masing dari timur ke barat.
Bagian paling kiri (timur) dari bangunan ini terdapat toilet siswa.



- Daerah Belakang
Area ini meliputi tempat parkir kendaraan roda dua, kantin dan rumah jaga. Disini terdapat juga bak penampungan air serta menara reservoir tempat air ditampung untuk disalurkan ke seluruh area kampus




- Laboratorium KKPI
Lab. Komputer yang ditujukan untuk tingkat pemula atau pengenalan komputer, menggunakan ruangan lantai bawah berdekatan dengan Lab. Akuntansi. Fasilitas Lab. Komputer ini antara lain:
- Komputer P4 untuk praktek siswa,
- Komputer P4 untuk instruktur
- Stavolt
- AC Split, dengan lantai karpet.


- Laboratorium Bahasa
Sebagai sarana praktek siswa dalam pelajaran Bahasa Inggris, dilengkapi dengan fasilitas:
Student Console - Student Record
Teacher Console - Master Record




- Studio Mini GaluhTV
Sebagai sarana praktek siswa khususnya Program Keahlian Multimedia yang dilengkapi dengan fasilitas :
- Ruang Studio Siaran
- Ruang Pemancar
- Ruang Studio Operator
- 2 Unit Kamera Panasonic MD 9000
- 1 Unit Kamera Panasonic MD 1000 3CCD
- 4 Unit Lighting
- 1 Unit Komputer Editing

- Laboratorium ICT Center Kab. Ciamis
Sebagai sarana pelatihan internal maupun eksternal.

- Laboratorium Multimedia
Sebagai sarana praktek siswa Multimedia dalam pelajaran Produktif, fasiltas yang tersedia :
- 30 Unit Komputer P4
- 2 buah Printer Canon
- 1 buah Infokus
- Perpustakaan Kecil Multimedia
- 3 buah AC
- 2 buah scanner

- Laboratorium Akuntansi
Sebagai sarana praktek siswa Akuntansi dalam pelajaran Komputer Akuntansi, fasiltas yang tersedia:
- 27 Unit Komputer P4 Akuntansi
- 3 buah Printer Epson LQ
- 2 buah AC lantai berkarpet
- Laboratorium Administrasi Perkantoran
Sebagai sarana praktek siswa Administrasi Perkantoran dalam pelajaran Produktif, fasiltas yang tersedia :
- 2 Unit Komputer P4
- 2 buah Printer
- Mesin Tik Manual

- Laboratorium Mengetik
Sebagai sarana praktek siswa dalam pelajaran mengetik, fasiltas yang tersedia :
- 50 Unit mesin tik manual



- Laboratorium Penjualan
Sebagai sarana praktek siswa Penjualan dalam pelajaran produktif, fasiltas yang tersedia :
- Mesin cash register
- Tempat Transaksi Jula Beli/Mini Market
- Laboratorium Akomodasi Perhotelan
Bangunan seluas 120 m2 ini merupakan ruangan untuk praktek Bidang Keahlian Usaha Jasa Perhotelan.Ruang praktek ini dilengkapi fasilitas:
Front Office, Standard Room, Executive Room, Kitchen, Loundry Room dengan peralatan yang standar.


- Laboratorium Boga (Restoran)
Bangunan seluas m2 ini merupakan ruangan teori dan praktek progran keahlian Restoran. Ruang prakteknya dilengkapi dengan fasilitas yang sesuai dengan standar.





- Ruang Olahraga
Adalah fasilitas penunjang lainnya. Dipergunakan untuk PBM/KBM mata pelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Di lapangan ini juga bisa dilakukan pertandingan olahraga dalam kegiatan Porseni.
Disamping sebagai sarana olahraga bagi karyawan lapangan ini biasa dipergunakan untuk pelaksanaan kegiatan keagamaan seperti shalat Idul Fitri atau Idul Adha.

J. Unit Produksi (UP)

Berdiri sejak tanggal 16 Agustus 1994 dengan nama Artika Citra Niaga (ACN). ACN bertujuan untuk mendidik seluruh warga sekolah baik guru, siswa dan karyawan agar berjiwa kewiraswastaan. ACN berfungsi sebagai sarana praktek siswa sebelum melaksanakan Praktek Kerja Industri (Prakerin) serta dapat memperoleh manfaat edukatif, sosial dan ekonomi.

Dalam perjalanannya dari tahun ke tahun mengalami peningkatan yang cukup berarti. Hal ini tiada lain karena didukung oleh manajemen yang berorientasi pada dunia bisnis, yang dibuktikan dengan adanya peningkatan pada perolehan keuntungan.

Unit produksi memiliki keterkaitan dengan kurikulum. Dimulai dari analisis GBPP per jenis keterampilan (tenaga, waktu, alat, bahan) yang dikaitkan dengan Jasa Pelatihan/Kosultan serta Satpel TIK maka akan menghasilkan Pekerjaan yang berstandar produksi untuk selanjutnya mendapatkan order/pesanan.

Pengurus Unit Produksi Artika Citra Niaga mempunyai susunan sebagai berikut:
Komisaris, kepala sekolah; General Manager (GM), adalah wakil kepala sekolah yang mempunyai kapabilitas; Staf General Manager (SGM), guru/karyawann yang mempunyai kapabilitas; Manager Depertment (MD), wakil kepala sekolah yang mempunyai kapabilitas; Manager Sub UP, adalah guru yang ada relevansinya dengan bidang studi dan memiliki kapabilitas; Staf Manager UP, guru/karyawan yang memiliki kapabilitas.

Salah satu tujuan unit produksi adalah sebagai salah satu sumber pendapatan bagi sekolah, dalam pendistribusian keuntungan yang diperoleh perlu diatur sedemikian rupa sehingga penggunaan penghasilan efektif dan efisien.

Produk Unggulan :
1. Bank Mahesa
SIMPEL(SIMPANAN PELAJAR)Nomor: 01/ZG/10/FS
Deskripsi:- Memberikan rasa aman dalam menyimpan uang.- Jasa simpanan yang kompetitif sebesar 18% pertahun.- Jasa dihitung berdasarkan saldo terendah dalam tiap bulan.- Efisiensi waktu dan biaya jika diperlukan uang tunai segera


TAKAR(TABUNGAN KARYAWAN)Nomor: 02/ZG/10/FS
Deskripsi:- Memberikan rasa aman dalam menyimpan uang.- Jasa simpanan yang kompetitif sebesar 18% pertahun.- Jasa dihitung berdasarkan saldo terendah dalam tiap bulan.- Efisiensi waktu dan biaya jika diperlukan uang tunai dengan segera


SIMUPRO(SIMPANAN UNIT PRODUKSI)Nomor: 03/ZG/10/FS
Deskripsi:- Memberikan rasa aman dalam menyimpan uang.- Jasa simpanan sebesar 10% pertahun.- Mempermudah transfer antar rekening Sub Unit Produksi- Efisiensi waktu dan biaya jika diperlukan uang tunai dengan segera



membantu usaha anda
KUKESRA(KREDIT USAHA KESEJAHTERAAN KARYAWAN)Nomor: 04/ZG/10/FS
Deskripsi:- Syarat ringan, tanpa agunan- Proses cepat, layanan memuaskan- Pinjaman maksimum: 10x Gaji Bersih- Jasa pinjaman 2% dari saldo pinjaman (menurun)- Jangka waktu pinjaman maksimum 60 bulan- Efisiensi waktu dan biaya

2. Kursus Komputer
Merupakan salah satu sub UP Edukatif. Membuka kursus Komputer Tingkat Operator Dasar dengan materi Introduction, MS. Word dan MS. Excel.
Perannya cukup penting dalam membantu meningkatkan pemahanan siswa dalam pengenalan Komputer sebelum mereka mengenal tingkat selanjutnya.

3. Kursus Komputer Akuntansi
Sub Unit Produksi Edukatif yang menyelenggarakan Kursus Komputer Akuntasi/Windows. Materi yang diajarkan antara lain, Dea Accounting dan Myob
Setiap siswa bisa memiliki e-mail sendiri dengan nama domain sekolah. Fasilitas ini merupakan fasilitas dari sekolah bagi semua warga.

4. Kursus Mengetik
Merupakah salah satu sub UP Edukatif. Membuka kursus Mengetik Tingkat Dasar dan Tingkat Lanjutan. Sementara ini hanya menyelenggarakan ujian lokal.

5. Kursus Bahasa Inggris
Merupakan sub UP Edukatif yang menyelenggarakan kursus Bahasa Inggris Tingkat Dasar I dengan materi Listening, Speaking, Reading and Writing.
Menyelenggarakan ujian lokal. Menggunakan Language Learning System (LLS) sebagai fasilitas belajar.

6. Majalah Sekolah
Merupakan salah satu sub Unit Produksi yang bergerak dalam jasa penerbitan dan percetakan. Berdiri bersamaan dengan Unit Produksi Artika Citra Niaga.
Dilengkapi mesin offset untuk penggandaan, mesin perporasi dan paper cutter untuk proses penjilidan.
Penerbitan majalan sekolah Profita, juga melayani pencetakan undangan, kartu nama, sertipikat, majalah dan barang cetakan lainnya serta penjilidan

7. Expresa Multimedia
Merupakan salah satu sub Unit Produksi yang bergerak dalam bidang jasa Audio Visual dan Foto Digital yang berdiri pada tahun 2004.
Dilengkapi :
- 2 buah Kamera Panasonic MD 10000
- 1 buah Kamera Panasonic MD 9000
- 4 buah komputer editing
- 1 buah printer canon pixma ip1700
- Poto digital Olympus LSR

8. Mini Market
Merupakan satu-satunya sub Unit Produksi yang bergerak dalam bidang perdagangan. Awalnya merupakan toko sekolah yang menyediakan alat tulis dan kebutuhan pokok sehari-hari.
Mulai 15 April 2000, menempati gedung bisnis center bersama dengan Warnet, Warpos dan Bank Mahesa.
Berbentuk mini swalayan yang menyediakan alat tulis/kantor dan kebutuhan sehari-hari. Selain sebagai tempat belanja warga sekolah dan daerah sekitar, sub UP ini juga merupakan salah satu tempat praktek siswa.
Jenis usaha : Retail alat tulis/kantor, kebutuhan sehari, busana serta alat rumah tangga.


8. Warpostel
Warpos Artika adalah sub Unit Produksi yang bergerak dalam jasa postal. Bekerja sama dengan PT. Pos Indonesia KP. Ciamis.
Layanan pos pada umumnya seperti penerimaan dan pengeposan surat, penjualan benda-benda pos, wesel dan paket.
Untuk melengkapi layanan komunikasi, telah dibuka wartel.

K. Keadaan Guru
110 orang dengan perincian sebagai berikut :
Tenaga Pendidik : 77 orang
Laki-laki : 42 orang
Perempuan : 35 orang

Jumlah Tenaga Kependidikan (TU) : 23 orang
Laki-laki : 16 orang
Perempuan : 7 orang

L. Keadaan Siswa
1. Jumlah Siswa
1128 orang dengan perincian sebagai berikut :
Kelas X
- Program Keahlian Multimedia : 67 orang
Rombongan Belajar : 2 Kelas
Laki-laki : 26 orang
Perempuan : 41 orang

- Program Keahlian Akuntansi : 80 orang
Rombongan Belajar : 2 kelas
Laki-laki : 7 orang
Wanita : 73 orang
- Program Keahlian Ad. Per : 79 orang
Rombongan Belajar : 2 kelas
Laki-laki : 0 orang
Perempuan : 79 orang


- Program Keahlian Perdagangan : 78 orang
Rombongan Belajar : 2 kelas
Laki-laki : 9 orang
Perempuan : 69 orang

- Program Keahlian AP : 32 orang
Rombongan Belajar : 1 kelas
Laki-laki : 5 orang
Perempuan : 27 orang

- Program Keahlian Restoran : 31 orang
Rombongan Belajar : 1 kelas
Laki-laki : 1 orang
Perempuan : 30 orang

Jumlah Kelas X : 387 orang


Tingkat II
- Program Keahlian Multimedia : 32 orang
Rombongan Belajar : 1 Kelas
Laki-laki : 6 orang
Perempuan : 26 orang

- Program Keahlian Akuntansi : 117 orang
Rombongan Belajar : 3 kelas
Laki-laki : 16 orang
Wanita : 101 orang
- Program Keahlian Ad. Per : 73 orang
Rombongan Belajar : 2 kelas
Laki-laki : 0 orang
Perempuan : 73 orang

- Program Keahlian Penjualan : 76 orang
Rombongan Belajar : 2 kelas
Laki-laki : 12 orang
Perempuan : 64 orang


- Program Keahlian AP : 34 orang
Rombongan Belajar : 1 kelas
Laki-laki : 5 orang
Perempuan : 29 orang

- Program Keahlian Restoran : 31 orang
Rombongan Belajar : 1 kelas
Laki-laki : 0 orang
Perempuan : 31 orang

Jumlah Tingkat II : 363 orang


Tingkat III
- Program Keahlian Multimedia : 37 orang
Rombongan Belajar : 1 Kelas
Laki-laki : 8 orang
Perempuan : 29 orang

- Program Keahlian Akuntansi : 117 orang
Rombongan Belajar : 3 kelas
Laki-laki : 12 orang
Wanita : 105 orang

- Program Keahlian Ad. Per : 74 orang
Rombongan Belajar : 2 kelas
Laki-laki : 1 orang
Perempuan : 73 orang

- Program Keahlian Penjualan : 78 orang
Rombongan Belajar : 2 kelas
Laki-laki : 8 orang
Perempuan : 70 orang

- Program Keahlian AP : 37 orang
Rombongan Belajar : 1 kelas
Laki-laki : 4 orang
Perempuan : 33 orang


- Program Keahlian Restoran : 35 orang
Rombongan Belajar : 1 kelas
Laki-laki : 1 orang
Perempuan : 34 orang
Jumlah Tingkat III : 378 orang
Jumlah Kelas X, Tingkat II, III : 1128 orang

M. Prestasi
Prestasi yang pernah diraih SMK Negeri 1 Ciamis :
1. Juara 1 Lomba Web SMK tingkat Nasional tahun 1996
2. Berkali-kali memperoleh prestasi hasil Monitoring dan Evaluasi tahun 1996, 1998 dan tahun 2000 dengan predikat amat baik.
3. Juara ke-2 LKS Sekretaris (Adminstrasi Perkantoran) tingkat Provinsi Jawa Barat.
4. Juara 2 dan 3 Olimpiade Komputer tingkat Kab. Ciamis
5. Group Debatting Contest ke tingkat Nasional di Malang tahun 2001.
6. Juara Lomba Web SMK se-Indonesia tahun 2003.
7. Juara 1 lomba Web Tingkat Sekolah dan Pesantren se-Indonesia tahun 2003.
8. Juara 1 LKS Program Keahlian Akomodasi Perhotelan tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2006.
9. Juara 4 LKS Program Keahlian Akomodasi Perhotelan tingkat Nasional tauhn 2006.


Profil Politeknik TEDC

 Politeknik TEDC

Jl. Pesantren Km 2 Cibabat, Cimahi 40513, Jabar
Telepon: 0226645951, Fax: 0226645951, Website: http://www.poltektedc.com, Email: poltek_tedc@yahoo.com

Sejarah

Politeknik TEDC Bandung merupakan perguruan tinggi jalur profesional unggulan dalam bidang rekayasa dan bisnis yag bernaung dibawah Yayasan TEDC dengan Akta Notaris Ari Prio Buntoro SH, Nomor 01 Tanggal 02 Mei 2001, dan berubah mulai tahun 2010 menjadi Yayasan Daya Juang Bangsa. Politeknik TEDC Bandung berdiri atas dasar Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor : 73/D/O/2002 dan SK DIkti Nomor : 1995/O/7/2002 sebagai upaya memenuhi tuntutan masyarakat akan tenaga ahli madya professional yang dibutuhkan oleh dunia usaha/industry, perusahaan nasional maupun internasioanal baik instansi pemerintahan maupun swasta, dalam menyongsong era globalisasi

Politeknik TEDC Bandung adalah Institusi pendidikan tinggi yang didirikan oleh Yayasan TEDC, pada tanggal 2 Mei 2001 berdasarkan Surat Keputusan Mendiknas nomor : 73/D/O/2002. Pada saat ini Politeknik TEDC Bandung memiliki 7 (tujuh) program studi Diploma III dan 5 (lima) program studi Diploma IV. Sebagai lembaga pendidikan tinggi vokasional, Politeknik TEDC Bandung mempersiapkan lulusannya
untuk dapat langsung berperan dalam tugas-tugas operasional di Industri. Pada dasarnya industri yang dibidik oleh Politeknik TEDC Bandung adalah industri dalam bidang bisnis jasa pendidikan Teknik dan Kesehatan.
Terdapat dua alasan utama pemilihan bidang Jasa pendidikan Teknik dan Kesehatan sebagai “core competition” Politeknik TEDC Bandung. Alasan pertama merupakan alasan internal dimana Politeknik TEDC Bandung didirikan oleh Yayasan TEDC (sekarang berada dibawah naungan Yayasan Daya Juang Bangsa). Yayasan TEDC didirikan oleh Pusat Pengembangan Penataran Guru Teknologi (PPPGT) Bandung,
yang salah satu bisnis utamanya adalah pelatihan guru-guru teknik seluruh Indonesia.
Alasan kedua adalah alasan eksternal dimana pertumbuhan industri bisnis teknologi dan kesehatan sangat pesat baik ditingkat regional, nasional dan internasional, yang membutuhkan dukungan perguruan tinggi dalam memenuhi kebutuhan sumber daya manusia. Tingginya pertumbuhan penduduk dan posisi geografis Indonesia sebagai
Negara kepulauan serta lalu lintas perdagangan internasional sangat membutuhkan suatu sistem bisnis yang kuat untuk mendukung ketahanan nasional dan kemakmuran bangsa sekaligus sebagai salah satu hubungan bisnis teknologi global. Begitu juga industri bisnis jasa pendidikan teknik dan kesehatan ditingkat regional, nasional dan internasional yang terus berkembang dengan pesat. Apalagi diera sekarang dimana
perkembangan teknologi didunia sudah masuk ke Negara Indonesia, sementara di Indonesia pendidikan tinggi vokasional yang berfokus pada bidang ini masih jarang.
Sehingga Politeknik TEDC Bandung memposisikan peran strategisnya dalam bidang bisnis jasa pendidikan teknik dan kesehatan.
 

Visi & Misi

Visi unit pengelola program studi diploma
Menjadi lembaga pendidikan tinggi vokasi pilihan yang dikelola berdasarkan sistem penjaminan mutu dan wawasan global.

Misi unit pengelola program studi diploma
  1. Mengembangkan program pendidikan vokasi yang adaptif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta sesuai dengan kebutuhan dunia kerja.
  2. Menyelenggarakan pendidikan vokasi secara professional sesuai dengan standar nasional pendidikan, dan dengan dukungan kerjasama dari berbagai pihak.
  3. Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian masyarakat dalam rangka aplikasi keilmuan dan pengembangan pendidikan vokasi.
Berikut ini adalah nama sekaligus profil untuk Politeknik TEDC,,,untuk info lebih lanjut silahkan ikuti dibawah ini.......
Politeknik TEDC

Jl. Pesantren Km 2 Cibabat, Cimahi 40513, Jabar
Telepon: 0226645951, Fax: 0226645951, Website: http://www.poltektedc.com, Email: poltek_tedc@yahoo.com

Berdiri: 2001-05-05

Bidang Ilmu yang Dikelola:
Program Studi Jenjang Ijin Operasi
Dikti
Berlaku s/d Akreditasi
BAN-PT
Berlaku s/d
Mekanik Industri Dan DesainD-IV2092/D/T/20072009-02-02Terakreditasi-B2015-10-22
Teknik OtomasiD-IV2092/D/T/20072009-08-02Terakreditasi-B2015-10-22
Konstruksi BangunanD-IV3403/D/T/20082010-09-22

Teknik InformatikaD-IV3740/D/T/20062008-09-28Terakreditasi-C2015-12-10
Komputerisasi AkuntansiD-IV3740/D/T/20062008-09-28Terakreditasi-C2015-10-29
Teknik ElektronikaD-III1166/D/T/20082010-07-06Terakreditasi-B2011-10-05
Teknik MesinD-III1167/D/T/20082010-07-06Terakreditasi-B2012-07-10
Mesin OtomotifD-III2500/D/T/20042007-07-06

Teknik SipilD-III1168/D/T/20082010-07-06Terakreditasi-C2012-08-03
Teknik KimiaD-III1169/D/T/20082011-04-23

Teknik KomputerD-III1170/D/T/20082010-07-06Terakreditasi-B2011-10-05
AkuntansiD-III65/D/T/20082010-09-09Terakreditasi-B2011-10-19
Seni Rupa Dan DesainD-III66/D/T/20082010-09-09

PerhotelanD-III3939/D/T/20052007-11-25
Comments
0 Comments

0 comments:


Post a Comment