Buku Tamu

Cursor

rss

Monday, December 9, 2013

Tugas Matakuliah Pengantar Teknologi Informasi (Dosen : Nanang Suciyono,S.Kom)


Nama : Rian Fauzi
Mata Kuliah : 

Pengantar Teknologi Informasi
D3TKJ Kelompok 2 
Gelombang 3 Tahun 2013





Apa yang anda ketahui tentang Tujuan komputer, data, dan informasi ?
Tujuan Komputer adalah untuk mengolah data sehingga menghasilkan informasi, dan perlu didukung elemen-elemen yang terdiri dari perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan brainware. Perangkat keras adalah peralatan komputer, perangkat lunak adalah program yang berisi perintah-perintah untuk melakukan proses tertentu, dan brainware adalah manusia yang terlibat di dalam mengoperasikan serta mengatur sistem komputer. Ketiga elemen sistem komputer tersebut harus saling berhubungan dan membentuk satu kesatuan agar dapat menjalankan sebuah komputer dan dapat di gunakan dengan benar.
Pengertian Data dapat diartikan sebagai catatan karakteristik dari objek amatan atau peristiwa pada suatu  waktu atau kurun tertentu baik berupa angka atau simbol kata "DATA"  berasal dari bahasa yunani "DATUM" berarti fakta & di dalam kamus bahasa inggris ditulis dengan "data" data yang digunakan dalam bahasa inggris data merupakan kenyataan yang kesatuan nyata / data dalam komputer adalah segala sesuatu yang dapat di simpan di memori menurut format tertentu.
Pengertian Informasi data hasil pengolahan sistem informasi bagi penggunanya
hasil proses atau pengolahan data meliputi: hasil gabungan,analisa ,hasil penyimpulan&hasil pengolahan adalah sistem informasi komputerisasi jadi informasi adalah segala sesuatu yang di tampilkan oleh komputer oleh sebuah media penampil ,biasanya sebagai hasil komputasi.

Apa yang anda ketahui tentang perbedaan Hardware, Software, dan Brainware?
Perangkat keras (hardware) merupakan salah satu element dari sistem komputer, suatu alat yang bisa dilihat dan diraba oleh manusia secara langsung, yang mendukung proses komputerisasi. Merupakan perangkat yang dapat kita lihat dan dapat kita sentuh secara fisik, seperti perangkat perangkat masukan, perangkat pemroses, maupun perangkat keluaran.
Perangkat Lunak (software) adalah Data-data yang terdapat pada sebuah komputer yang doformat kemudian disimpan secara digital. Bisa dibilang bahwa Software merupakan komponen yang tidak terlihat secara fisik, tetapi terdapat dalam sebuah Komputer. Perangkat lunak merupakan salah satu elemen Komputer, yang tidak bisa diraba tapi tidak bisa di raba. berfungsi untuk menghitung, menyalin dan melaksanaan program.
User/ Pengguna/ Perangkat/ Otak (brainware) disebut penghubung antara perangkat lunak(software) dan perangkat keras (hardware). Jadi brainware merupakan orang yang menjalankan sebuah komputer.

Apa yang anda ketahui tentang operasi input, proses, penyimpanan, output, dan komunikasi(additional)?
Operasi input adalah tahap pertama dalam operasi komputer. Operasi input adalah proses memasukkan data oleh Brainware untuk diolah oleh komputer. Operasi ini menggunakan media-media hardware seperti keyboard, mouse,scanner dsb.
PROSESING Tahap ini adalah tahap pengolahan yang dilakukan oleh komputer terhadap data-data yang telah dimasukkan dalam operasi input. Tahap ini juga merupakan pusat dari segala aktivitas komputer. CPU juga biasa disebut sebagai otak dari komputer. Karena segala aktivitas komputer berinti di sini.
PENYIMPANAN Data-data yang telah diproses tentunya perlu disimpan agar bisa kembali dibuka di saat user membuthkan. Data-data tersebut kemudian akan disimpan dalam komputer. Adapun media penyimpanan yang bisa digunakan ada banyak macamnya. Namun media penyimpanan utama pada komputer adalah harddisk.
OUTPUT Tahap ini adalah tahap pemunculan semua data-data yang telah diproses dan disimpan. Data yang dimunculkan oleh media output dapat berupa suara, gambar, video, benda konkret, dsb. Adapun hardware yang menjadi media output antara lain monitor, printer, speaker, dsb.
KOMUNIKASI Tahap komunikasi adalah dimana suatu komputer telah bisa terhubung dan saling memberikan informasi dengan komputer lain. Dengan kata lain komputer tersebut telah terhubung dengan internet untuk melakukan aktivitas online.
Comments
0 Comments

0 comments:


Post a Comment